RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS
V
SEMESTER 2
Disusun
oleh:
Lintang
Ndaru Pramesty
(822460938)
Program
Studi PGSD
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Terbuka Semarang
Pokjar
Wonosalam Kabupaten Demak
2013
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : PKn
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas/Semester : V /2
Nama
Guru :
NIP/NIK :
Sekolah : SDN PILANGREJO 01
KURIKULUM SATUAN TINGKAT PENDIDIKAN
(KTSP)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri Pilangrejo
01
Mata
Pelajaran : PKn
Kelas/Semester : V / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1 x
pertemuan)
Pelaksanaan : Sabtu, April 2013
|
A. Standar
Kompetensi
3.
Memahami kebebasan
berorganisasi
B. Kompetensi Dasar
3.2.Menyebutkan
contoh organisasi di sekolah dan masyarakat
C. Indikator
3.2.1. Menyebutkan
organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
3.2.2. Membuat
struktur organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat menyebutkan organisasi yang ada di sekolah
2. Siswa
dapat menyebutkan organisasi yang ada di masyarakat
3. Siswa
dapat membuat struktur organisasi yang ada di sekolah
4. Siswa
dapat membuat struktur organisasi yang ada di masyarakat
v Karakter siswa yang diharapkan
o Kerja keras
o Rasa ingin tahu
o Kreatif
E. Materi Ajar
1. Organisasi
disekitar kita
a. Organisasi
di sekolah
1) Pramuka
2) Koperasi
sekolah
a) Simpanan
pokok
b) Simpanan
wajib
c) Dana
cadangan
d) Hibah
b. Organisasi
di masyrakat
1) Organisasi
kemasyarakatan
2) Organisasi
pemerintahan
3) Organisasi
politik
4) Organisasi
ekonomi
2. Membentuk
organisasi kelas
Berikut cara-cara
memilih pengurus kelas:
a. Pemungutan suara
b. Aklamasi
c. Penunjukkan
langsung
Manfaat berorganisasi bagi kita adalah:
a.
Menambah teman
b.
Melatih hidup bermasyarakat
c.
Melatih hidup bersama dengan orang lain
d.
Belajar menghormati orang lain
e.
Belajar memecahkan masalah secara bersama-sama
f.
Belajar mengemukakan pendapat
g.
Belajar menghargai pendapat orang ain
h.
Belajar menaati dan berdisiplin dengan tata tertib
i.
Menambah pengetahuan dan pengalaman
j.
Meningkatkan persatuan dan kerukunan dalam bermasyarakat
F.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
4.
Latihan
5. Pemberian
Tugas
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (10 menit)
Apersepsi
a.
Guru
mengkondisikan kelas, kemudian berdoa
b.
Guru mengisi
daftar hadir kemudian membuat kelompok belajar bersama
c.
Guru
mengkondisikan siswa agar siswa siap untuk mengikuti pelajaran
d.
Guru membantu
mengingat pelajaran sebelumnya
2. Kegiatan
Inti (50 menit)
Eksplorasi
a.
Guru menyebutkan dan menjelaskan organisasi yang ada di
sekitar kita (sekolah dan masyarakat)
b.
Guru memberi contoh membuat struktur organisasi
c.
Guru menjelaskan cara mememilih pengurus organisasi
d.
Guru memberi
latihan kepada siswa
Elaborasi
a. Siswa
menyebutkan organisasi yang ada sekolah dan masyarakat
tingkat desa
b. Siswa
melakukan pemilihan pengurus kelompok secara berdiskusi
c. Siswa membuat
struktur organisasi kelompok
d. Guru mengoreksi
hasil kerja
siswa
Konfirmasi
a. Guru dan siswa
bersama-sama mengkoreksi jawaban yang salah
b. Guru bertanya
tentang materi yang belum dimengerti
3. Kegiatan
Akhir (10 menit)
Penutup
a. Guru menyimpulkan
materi yang dipelajari
b. Guru memberikan
motivasi kepada siswa agar terus dan meningkatkan belajar
c. Guru bersama
peserta didik berdoa menurut kepercayaan masing-masing
H. Sumber/Bahan Belajar
1.
Media
pembelajaran
a. Gambar
struktur organisasi kelas
b. Gambar
Strukur organisasi tingkat desa
2.
Sumber
Pembelajaran
a. Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas V. Hal 61 - 71
I.
Penilaian
1.
Jenis
Tes
a.
Tes tulisan,
dilakukan di akhir pembelajaran
b.
Tes
lisan, diawal dan akhir pembelajaran
c.
Tes
kinerja, pada saat pembelajaran berlangsung
2.
Prosedur
Tes
a.
Tes
awal : ada
b.
Tes
dalam proses : ada
c.
Tes
akhir : ada
3. Contoh
Instrumen/Soal
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
3.2.1. Menyebutkan organisasi yang ada di lingkungan
sekolah dan masyarakat
|
Individu
|
Tertulis
|
1.
Sebutkan
organisasi yang ada di sekolahmu!
2.
Sebutkan 3
jenis organisasi masyarakat!
3.
Sebutkan 3
contoh organisasi pemerintah yang yang ada di sekitar rumahmu!
4.
Sebutkan 3
cara membentuk organisasi kelas!
5.
Sebutkan 3
manfaat berorganisasi!
|
3.2.2. Membuat struktur organisasi yang ada di sekolah
dan masyarakat
|
Kelompok
|
Praktik
|
J.
Kriteria
Penilaian
1. Produl
(Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
· Semua benar
|
4
|
· Sebagian besar benar
|
3
|
||
· Sebagian kecil benar
|
2
|
||
· Semua salah
|
1
|
2. Perfomansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kerjasama
|
· Bekerja sama
· Kadang-kadang bekerja sama
· Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2.
|
Partisipasi
|
· Aktif berpastisipasi
· Kadang-kadang berpartisipasi
· Tidak aktif
|
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
|
Performansi
|
Produk
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN:
Nilai = (Jumlah skor : Jumlah Skor maksimal) x
10
Guru Kelas
…………………………..
NIP/NIWB.
|
|
Pilangrejo,
April 2013
Mahasiswa
Lintang
Ndaru P.
NIM.
822460938
|
Mengetahui:
Kepala
Sekolah/Supervisor 2
Dani
Maryanto, S. Pd
NIP.
19620305 198201 1 002
|
DAFTAR HADIR KELAS V
SDN PILANGREJO 01
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
No.
|
Nama
|
L/P
|
Hadir
|
Absensi
|
Ket
|
||
S
|
I
|
A
|
|||||
1
|
Fahrur Rois
|
L
|
|
|
|
|
|
2
|
Putra Pamungkas
|
L
|
|
|
|
|
|
3
|
Abdul Rahman
Syaifudin
|
L
|
|
|
|
|
|
4
|
Gito Prasetiyo
|
L
|
|
|
|
|
|
5
|
Syamsul Ma’arif
|
L
|
|
|
|
|
|
6
|
Andri Ramadani
|
L
|
|
|
|
|
|
7
|
Aziz Eka Saputra
|
L
|
|
|
|
|
|
8
|
Aris Munandar
|
L
|
|
|
|
|
|
9
|
Ainul Ratmawati
|
P
|
|
|
|
|
|
10
|
Andre Nur Prasetyo
|
L
|
|
|
|
|
|
11
|
Ahmad Farids
Fachilah
|
P
|
|
|
|
|
|
12
|
Deni Faturrahman
|
L
|
|
|
|
|
|
13
|
Devi Fitriyani
|
P
|
|
|
|
|
|
14
|
Dewi Ratnasari
|
P
|
|
|
|
|
|
15
|
Dewi Rianah
|
P
|
|
|
|
|
|
16
|
Dewi Maunah
|
P
|
|
|
|
|
|
17
|
Fikli Nur Hanafi
|
L
|
|
|
|
|
|
18
|
Fandi Ahmad
|
L
|
|
|
|
|
|
19
|
Frengki Dea
Anggara Putra
|
L
|
|
|
|
|
|
20
|
Finky Prio Dwi
Cahyo
|
L
|
|
|
|
|
|
21
|
Hajir Helmi Nur
Salim
|
L
|
|
|
|
|
|
22
|
Imrotus Sofiah
|
P
|
|
|
|
|
|
23
|
Isna Nur Fika
Dewi
|
P
|
|
|
|
|
|
24
|
Husnul Nafid
Ziyah
|
P
|
|
|
|
|
|
25
|
Karina Setya
Pangestu
|
P
|
|
|
|
|
|
26
|
Muhammad Nasir
|
L
|
|
|
|
|
|
27
|
Muhammad Afna M.
Rifky
|
L
|
|
|
|
|
|
28
|
Miftakul Huda
|
L
|
|
|
|
|
|
29
|
Nelin Lia
Wulandari
|
P
|
|
|
|
|
|
30
|
Sulistyaningrum
|
P
|
|
|
|
|
|
31
|
Siti Nur
Khilofah
|
P
|
|
|
|
|
|
32
|
Tsalis Lailatul
Qodriyah
|
P
|
|
|
|
|
|
33
|
Yulia Intan
Pratiwi
|
P
|
|
|
|
|
|
34
|
Yumrotus Qolisoh
|
P
|
|
|
|
|
|
35
|
Uzli
Fatuddiniyah
|
P
|
|
|
|
|
|
36
|
Wahyu Khoirul
Maksum
|
L
|
|
|
|
|
|
37
|
Widia Ningrum
|
P
|
|
|
|
|
|
38
|
Ardi Juliantoro
|
L
|
|
|
|
|
|
39
|
Rendy Hermawan
|
L
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
Daftar Kelompok
Kelompok I
|
Kelompok II
|
Kelompok III
|
Fikli
Nur Hanafi
Frengki
Dea Anggara Putra
Hajir
Helmi Nur Salim
Isna
Nur Fika Dewi
Karina
Setya Pangestu
Fahrur
Rois
Devi
Fitriyani
Ahmad
Farids Fachilah
Ainul
Ratmawati
Aziz
Eka Saputra
Syamsul
Ma’arif
Abdul
Rahman Syaifudin
Dewi
Rianah
|
Muhammad
Afan M. Rifky
Siti
Nur Khilofah
Nelin
Lia Wulandari
Fandi
Ahmad
Finky
Prio Dwi Cahyo
Imrotus
Sofiah
Husnul
Nafid Ziyah
Muhammad
Nasi
Miftakul
Huda
Sulistyaningrum
Tsalis
Lailatul Qodriyah
Putra
Pamungkas
Gito
Prasetiyo
|
Andri
Ramadani
Aris
Munandar
Andre
Nur Prasetyo
Deni
Faturrahman
Dewi
Ratnasari
Dewi
Maunah
Rendy
Hermawan
Widia
Ningrum
Ardi
Juliantoro
Wahyu Khoirul Maksum
Uzli
Fatuddiniyah
Yumrotus
Qolisoh
Yulia Intan Pratiwi
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
|
L/P
|
Nilai
|
Rata2
|
||
Kelompok
|
Individu
|
|||||
1
|
Fahrur Rois
|
L
|
|
|
||
2
|
Putra Pamungkas
|
L
|
|
|
||
3
|
Abdul Rahman
Syaifudin
|
L
|
|
|
||
4
|
Gito Prasetiyo
|
L
|
|
|
||
5
|
Syamsul Ma’arif
|
L
|
|
|
||
6
|
Andri Ramadani
|
L
|
|
|
||
7
|
Aziz Eka Saputra
|
L
|
|
|
||
8
|
Aris Munandar
|
L
|
|
|
||
9
|
Ainul Ratmawati
|
P
|
|
|
||
10
|
Andre Nur Prasetyo
|
L
|
|
|
||
11
|
Ahmad Farids
Fachilah
|
P
|
|
|
||
12
|
Deni Faturrahman
|
L
|
|
|
||
13
|
Devi Fitriyani
|
P
|
|
|
||
14
|
Dewi Ratnasari
|
P
|
|
|
||
15
|
Dewi Rianah
|
P
|
|
|
||
16
|
Dewi Maunah
|
P
|
|
|
||
17
|
Fikli Nur Hanafi
|
L
|
|
|
||
18
|
Fandi Ahmad
|
L
|
|
|
||
19
|
Frengki Dea
Anggara Putra
|
L
|
|
|
||
20
|
Finky Prio Dwi
Cahyo
|
L
|
|
|
||
21
|
Hajir Helmi Nur
Salim
|
L
|
|
|
||
22
|
Imrotus Sofiah
|
P
|
|
|
||
23
|
Isna Nur Fika
Dewi
|
P
|
|
|
||
24
|
Husnul Nafid
Ziyah
|
P
|
|
|
||
25
|
Karina Setya
Pangestu
|
P
|
|
|
||
26
|
Muhammad Nasir
|
L
|
|
|
||
27
|
Muhammad Afna M.
Rifky
|
L
|
|
|
||
28
|
Miftakul Huda
|
L
|
|
|
||
29
|
Nelin Lia
Wulandari
|
P
|
|
|
||
30
|
Sulistyaningrum
|
P
|
|
|
||
31
|
Siti Nur
Khilofah
|
P
|
|
|
||
32
|
Tsalis Lailatul
Qodriyah
|
P
|
|
|
||
33
|
Yulia Intan
Pratiwi
|
P
|
|
|
||
34
|
Yumratos Qolisoh
|
P
|
|
|
||
35
|
Uzli
Fatuddiniyah
|
P
|
|
|
||
36
|
Wahyu Khoirul Maksum
|
L
|
|
|
||
37
|
Widia Ningrum
|
P
|
|
|
||
38
|
Ardi Juliantoro
|
L
|
|
|
||
39
|
Rendy Hermawan
|
L
|
|
|
||
40
|
|
|
|
|
||
RATA-RATA
|
|
|
Pilangrejo, April 2013
Mengetahui,
Mahasiswa
Lintang
Ndaru P.
NIM.
822460938
Lembar
Kerja Kelompok
Indikator
3.2.1.
Menyebutkan
organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
3.2.2.
Membuat
struktur organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat
1.
Buatlah kelompok
dengan anggota berjumlah 13 orang
2.
Kemudian
bentuklah organisasi kelompok yang didalamnya terdapat:
a. 1
Ketua
b. 1
Wakil Ketua
c. 2
Sekretaris
d. 2
Bendahara
3.
Ketika pemilihan
ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara, gunakan cara pemilihan sesuai
kelompok, yaitu:
a. Kelompok
I : Pemungutan suara
b. Kelompok
II : Aklamasi
c. Kelompok
III : Penunjukkan langsung
4.
Jika sudah terpilih,
tulis nama temanmu yang terpilih di kolom yang telah disediakan.
5.
Setelah semua
selesai, tiap kelompok, menunjukkan hasil kerja kelompok di depan kelas yang
diwakili oleh ketua kelompok dan wakilnya untuk membacakan siapa saja yang
terpilih menjadu pengurus kelompok.
Lembar
Jawaban Kelompok
Soal
Evaluasi
Jawabalah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Sebutkan
organisasi yang ada di sekolahmu!
Jawab : ____________________________________________________
______________________________________________________________
2.
Sebutkan 3 jenis
organisasi masyarakat!
Jawab :
____________________________________________________
______________________________________________________________
3.
Sebutkan 3
contoh organisasi pemerintah yang yang ada di sekitar rumahmu!
Jawab :
____________________________________________________
______________________________________________________________
4.
Sebutkan 3 cara
membentuk organisasi kelas!
Jawab :
____________________________________________________
______________________________________________________________
5.
Sebutkan 3
manfaat berorganisasi!
Jawab :
____________________________________________________
______________________________________________________________
Kunci
Jawaban Soal Evaluasi
1. Kepramukaan.
UKS, Organisasi kelas
2. Kemasyarakatan,
pemerintahan, politik, ekonomi
3. RT,
desa, kecamatan
4. Pemungutan
suara, aklamasi, penunjukkan langsung
5.
a.
Menambah teman
b.
Melatih hidup bermasyarakat
c.
Melatih hidup bersama dengan orang lain
d.
Belajar menghormati orang lain
e.
Belajar memecahkan masalah secara bersama-sama
f.
Belajar mengemukakan pendapat
g.
Belajar menghargai pendapat orang ain
h.
Belajar menaati dan berdisiplin dengan tata tertib
i.
Menambah pengetahuan dan pengalaman
j.
Meningkatkan persatuan dan kerukunan dalam bermasyarakat
Skor
Penilaian
Jawaban benar 2
Jawaban salah skor 0
Soal
Perbaikan
1. Organisasi
di sekolah yang paling tinggi di ketuai oleh …
2. Organisasi
koperasi kekuasaan tertingginya terdapat pada …
3. Karang
taruna adalah salah satu contoh organisasi di ...
4. Pernyataan
setuju secara lisan dari seluruh anggota kelas atau organisasi disebut ...
5. Salah
satu manfaat berorganisasi yaitu belajar menghargai ... orang lain.
Kunci
Jawaban Soal Perbaikan
1.
Kepala Sekolah
2.
Rapat Anggota
3.
Masyarakat
4.
Aklamasi
5.
Pendapat
Skor
Penilaian
Jawaban benar 2
Jawaban salah skor 0
Nilai Akhir : jumlah skor x 10
Soal
Pengayaan
1.
Sebutkan 2
organisasi yang terdekat denganmu baik di sekolah dan di masyarakat!
2.
Gambarkan secara
sederhana struktur organisasi yang ada si kelas dan keluargamu!
Kunci
Jawaban Soal Pengayaan
1. A.
Sekolah : Organisasi kelas, pramuka,
UKS, koperasi sekolah
B.
Masyarakat : RT/RW, desa, kecamatan
2.
Skor
Penilaian
Jawaban benar 5
Jawaban sebagian benar 2.5
Jawaban salah skor 0
Nilai Akhir : jumlah skor x 10
|