RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
BAHASA
INDONESIA
KELAS
V
SEMESTER 2
Disusun
oleh:
Lintang
Ndaru Pramesty
(822460938)
Program
Studi PGSD
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Terbuka Semarang
Pokjar
Wonosalam Kabupaten Demak
2013
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : BAHASA
INDONESIA
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas/Semester : V /2
Nama
Guru :
NIP/NIK :
Sekolah : SDN PILANGREJO 01
KURIKULUM SATUAN TINGKAT PENDIDIKAN
(KTSP)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri Pilangrejo
01
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1 x
pertemuan)
Pelaksanaan : Sabtu, Maret 2013
|
A. Standar Kompetensi
8. Menulis
Mengungkapkan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta
tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
B. Kompetensi Dasar
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang
tepat
C. Indikator
8.3.1.
Membaca contoh puisi
8.3.2. Menulis puisi
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat membaca puisi bebas
2. Siswa
dapat menentukan tema puisi
3. Siswa
dapat menulis puisi bebas berdasarkan pengalaman
v Karakter
siswa yang diharapkan
o
Tanggung jawab ( responsibility
)
o
Berani ( courage
)
o
Ketulusan ( Honesty
)
E. Materi
Ajar
1. Puisi
Bebas
Puisi bebas adalah
puisi yang tidak terikat rima, irama serta penyusunan larik, bait dan suku
kata. Untuk dapat menulis puisi, kamu harus menentukan gagasan pokok atau ide.
Kemudian gagasan pokok tersebut dikembangkan dengan pilihan kata yang tepat dan
menarik. Langkah-langkah menulis puisi, diantaranya menentukan tema. Tema puisi
ditentukan karena inilah yang dijadikan sebagai acuan untuk mengemukakan isi
hati. Isi hati penulis puisi itu, terutama meliputi pikiran, perasaan, sikap
dan maksud tujuan.
F.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Latihan
5. Pemberian
Tugas
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (10 menit)
Apersepsi
a.
Guru mengkondisikan kelas, kemudian
berdoa bersama
b.
Guru mengisi daftar hadir
c.
Guru mengkondisikan siswa agar siswa
siap untuk mengikuti pelajaran dengan membuat kelompok belajar
2. Kegiatan
Inti (50 menit)
Eksplorasi
a.
Guru
menjelaskankan
pengertian puisi bebas
b.
Guru menjelaskan langkah menulis puisi
bebas
c. Guru memberi
contoh membaca puisi bebas
d. Guru
memberi tugas untuk membuat puisi bebas
Elaborasi
a. Siswa
mempraktikkan secara bergantian membaca puisi bebas
b. Siswa
secara berkelompok membuat puii bebas dengan tema “Sekolahku”
c. Guru mengoreksi hasil kerja siswa
Konfirmasi
a. Guru dan siswa bersama-sama mengkoreksi jawaban yang
salah
b. Guru bertanya tentang materi yang belum dimengerti
3. Kegiatan
Akhir (10 menit)
Penutup
a. Guru menyimpulkan materi yang dipelajari
b. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar terus dan
meningkatkan belajar
c. Guru bersama peserta didik berdoa menurut kepercayaan
masing-masing
H. Sumber/Bahan
Belajar
1.
Sumber
Pembelajaran
a. Karsidi.
2012. Bahasa Indonesia 5. Solo: Tiga Serangkai. Hal hl 124 – 125
b. Modul
Pembeelajaran kelas 5, Bahasa Indonesia. Hal 29.
I.
Penilaian
1.
Jenis Tes
a.
Tes tulisan, dilakukan di akhir
pembelajaran
b.
Tes lisan, diawal dan akhir
pembelajaran
c.
Tes kinerja, pada saat
pembelajaran berlangsung
2.
Prosedur Tes
a.
Tes awal : ada
b.
Tes dalam proses : ada
c.
Tes akhir : ada
3. Contoh
Instrumen/Soal
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
8.3.1. Membaca contoh puisi
|
Individu
|
Praktik
|
Bacalah puisi di bawah dengan baik dan
benar!
|
8.3.2. Menulis
puisi
|
Kelompok
|
Tertulis
|
Buatlah 1 puisi bebas dengan tema
“Sekolahku”
|
J.
Kriteria
Penilaian
1. Produl
(Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
· Semua
benar
|
4
|
· Sebagian
besar benar
|
3
|
||
· Sebagian
kecil benar
|
2
|
||
· Semua
salah
|
1
|
2. Perfomansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kerjasama
|
· Bekerja
sama
· Kadang-kadang
bekerja sama
· Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2.
|
Partisipasi
|
· Aktif
berpastisipasi
· Kadang-kadang
berpartisipasi
· Tidak
aktif
|
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
|
Performansi
|
Produk
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN:
Nilai = (Jumlah skor : Jumlah Skor maksimal) x
10
Guru Kelas
…………………………..
NIP/NIWB.
|
|
Pilangrejo,
Maret 2013
Mahasiswa
Lintang
Ndaru P.
NIM.
822460938
|
Mengetahui:
Kepala
Sekolah/Supervisor 2
Dani Maryanto, S.Pd
NIp.
19620305 198201 1 002
|
DAFTAR HADIR KELAS V
SDN PILANGREJO 01
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
No.
|
Nama
|
L/P
|
Hadir
|
Absensi
|
Ket
|
||
S
|
I
|
A
|
|||||
1
|
Fahrur Rois
|
L
|
|
|
|
|
|
2
|
Putra Pamungkas
|
L
|
|
|
|
|
|
3
|
Abdul Rahman
Syaifudin
|
L
|
|
|
|
|
|
4
|
Gito Prasetiyo
|
L
|
|
|
|
|
|
5
|
Syamsul Ma’arif
|
L
|
|
|
|
|
|
6
|
Andri Ramadani
|
L
|
|
|
|
|
|
7
|
Aziz Eka Saputra
|
L
|
|
|
|
|
|
8
|
Aris Munandar
|
L
|
|
|
|
|
|
9
|
Ainul Ratmawati
|
P
|
|
|
|
|
|
10
|
Andre Nur Prasetyo
|
L
|
|
|
|
|
|
11
|
Ahmad Farids
Fachilah
|
P
|
|
|
|
|
|
12
|
Deni Faturrahman
|
L
|
|
|
|
|
|
13
|
Devi Fitriyani
|
P
|
|
|
|
|
|
14
|
Dewi Ratnasari
|
P
|
|
|
|
|
|
15
|
Dewi Rianah
|
P
|
|
|
|
|
|
16
|
Dewi Maunah
|
P
|
|
|
|
|
|
17
|
Fikli Nur Hanafi
|
L
|
|
|
|
|
|
18
|
Fandi Ahmad
|
L
|
|
|
|
|
|
19
|
Frengki Dea
Anggara Putra
|
L
|
|
|
|
|
|
20
|
Finky Prio Dwi
Cahyo
|
L
|
|
|
|
|
|
21
|
Hajir Helmi Nur
Salim
|
L
|
|
|
|
|
|
22
|
Imrotus Sofiah
|
P
|
|
|
|
|
|
23
|
Isna Nur Fika
Dewi
|
P
|
|
|
|
|
|
24
|
Husnul Nafid
Ziyah
|
P
|
|
|
|
|
|
25
|
Karina Setya
Pangestu
|
P
|
|
|
|
|
|
26
|
Muhammad Nasir
|
L
|
|
|
|
|
|
27
|
Muhammad Afna M.
Rifky
|
L
|
|
|
|
|
|
28
|
Miftakul Huda
|
L
|
|
|
|
|
|
29
|
Nelin Lia
Wulandari
|
P
|
|
|
|
|
|
30
|
Sulistyaningrum
|
P
|
|
|
|
|
|
31
|
Siti Nur
Khilofah
|
P
|
|
|
|
|
|
32
|
Tsalis Lailatul
Qodriyah
|
P
|
|
|
|
|
|
33
|
Yulia Intan
Pratiwi
|
P
|
|
|
|
|
|
34
|
Yumrotus Qolisoh
|
P
|
|
|
|
|
|
35
|
Uzli
Fatuddiniyah
|
P
|
|
|
|
|
|
36
|
Wayu Khoirul
Maksum
|
L
|
|
|
|
|
|
37
|
Widia Ningrum
|
P
|
|
|
|
|
|
38
|
Ardi Juliantoro
|
L
|
|
|
|
|
|
39
|
Rendy Hermawan
|
L
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Kerja Kelompok
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :V/2
Kompetensi Dasar:
8.3 Menulis puisi bebas
dengan pilihan kata yang
tepat
Indikator :
8.3.1. Membaca contoh puisi
8.3.2.
Menulis puisi
Bacalah puisi di bawah
ini dengan baik dan benar didepan kelas!
KUPU-KUPU
Alangkah elok warnamu
Terbang diantara burung-burung mencari madu
Kadang kulihat engkau berayun
Ditangkai dan daun-daun
Atau berkejaran bersama kawanmu
Kupu-kupuku
Alangkah indah semua melihatmu
Dapatkah ku memiliki sayap indah
Seperti sayapmu
Kau terbang begitu indah
Warna kupu-kupu yang indah
Alangkah elok warnamu
Terbang diantara burung-burung mencari madu
Kadang kulihat engkau berayun
Ditangkai dan daun-daun
Atau berkejaran bersama kawanmu
Kupu-kupuku
Alangkah indah semua melihatmu
Dapatkah ku memiliki sayap indah
Seperti sayapmu
Kau terbang begitu indah
Warna kupu-kupu yang indah
Buatlah 1 puisi bebas
dengan tema “Sekolahku”!
Daftar
Kelompok
Kelompok 1
|
Kelompok 2
|
Fahrur
Rois
Devi
Fitriyani
Ahmad
Farids Fachilah
Ainul
Ratmawati
Aziz
Eka Saputra
Syamsul
Ma’arif
Abdul
Rahman Syaifudin
Dewi
Rianah
|
Putra
Pamungkas
Gito
Prasetiyo
Andri
Ramadani
Aris
Munandar
Andre
Nur Prasetyo
Deni
Faturrahman
Dewi
Ratnasari
Dewi
Maunah
|
Kelompok 3
|
Kelompok 4
|
Fikli
Nur Hanafi
Frengki
Dea Anggara Putra
Hajir
Helmi Nur Salim
Isna
Nur Fika Dewi
Karina
Setya Pangestu
Muhammad
Afna M. Rifky
Siti
Nur Khilofah
Nelin
Lia Wulandari
|
Fandi
Ahmad
Finky
Prio Dwi Cahyo
Imrotus
Sofiah
Husnul
Nafid Ziyah
Muhammad
Nasi
Miftakul
Huda
Sulistyaningrum
Tsalis
Lailatul Qodriyah
|
Kelompok 5
|
|
Rendy Hermawan
Widia Ningrum
Ardi Juliantoro
Wayu Khoirul Maksum
Uzli Fatuddiniyah
Yumrotus Qolisoh
Yulia Intan Pratiwi
|
KELAS 5
SDN PILANGREJO 01
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
|
L/P
|
Nilai
|
Rata2
|
||
Kelompok
|
Individu
|
|||||
1
|
Fahrur Rois
|
L
|
|
|
||
2
|
Putra Pamungkas
|
L
|
|
|
||
3
|
Abdul Rahman
Syaifudin
|
L
|
|
|
||
4
|
Gito Prasetiyo
|
L
|
|
|
||
5
|
Syamsul Ma’arif
|
L
|
|
|
||
6
|
Andri Ramadani
|
L
|
|
|
||
7
|
Aziz Eka Saputra
|
L
|
|
|
||
8
|
Aris Munandar
|
L
|
|
|
||
9
|
Ainul Ratmawati
|
P
|
|
|
||
10
|
Andre Nur Prasetyo
|
L
|
|
|
||
11
|
Ahmad Farids
Fachilah
|
P
|
|
|
||
12
|
Deni Faturrahman
|
L
|
|
|
||
13
|
Devi Fitriyani
|
P
|
|
|
||
14
|
Dewi Ratnasari
|
P
|
|
|
||
15
|
Dewi Rianah
|
P
|
|
|
||
16
|
Dewi Maunah
|
P
|
|
|
||
17
|
Fikli Nur Hanafi
|
L
|
|
|
||
18
|
Fandi Ahmad
|
L
|
|
|
||
19
|
Frengki Dea
Anggara Putra
|
L
|
|
|
||
20
|
Finky Prio Dwi
Cahyo
|
L
|
|
|
||
21
|
Hajir Helmi Nur
Salim
|
L
|
|
|
||
22
|
Imrotus Sofiah
|
P
|
|
|
||
23
|
Isna Nur Fika
Dewi
|
P
|
|
|
||
24
|
Husnul Nafid
Ziyah
|
P
|
|
|
||
25
|
Karina Setya
Pangestu
|
P
|
|
|
||
26
|
Muhammad Nasir
|
L
|
|
|
||
27
|
Muhammad Afna M.
Rifky
|
L
|
|
|
||
28
|
Miftakul Huda
|
L
|
|
|
||
29
|
Nelin Lia
Wulandari
|
P
|
|
|
||
30
|
Sulistyaningrum
|
P
|
|
|
||
31
|
Siti Nur
Khilofah
|
P
|
|
|
||
32
|
Tsalis Lailatul
Qodriyah
|
P
|
|
|
||
33
|
Yulia Intan
Pratiwi
|
P
|
|
|
||
34
|
Yumratos Qolisoh
|
P
|
|
|
||
35
|
Uzli
Fatuddiniyah
|
P
|
|
|
||
36
|
Wayu Khoirul
Maksum
|
L
|
|
|
||
37
|
Widia Ningrum
|
P
|
|
|
||
38
|
Ardi Juliantoro
|
L
|
|
|
||
39
|
Rendy Hermawan
|
L
|
|
|
||
40
|
|
|
|
|
||
RATA-RATA
|
|
|
Soal
Evaluasi
Berilah tanda silang (x)
huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar!
Kamarku
Ada
sebuah ruangan
Tidak
terlalu besar memang
Isinya
sangat berantakan
Bantal
ke sana ke mari berantakan
Buku-buku
berserakan
Ingin ku
rapikan
Tapi
apakah aku dapat mengerjakannya seorang diri?
Itulah
kamarku
Di sana
tempat aku tidur
Dan bermain bersama bonekaku
Berikan tanda silang (x) a, b, c atau d pada jawaban yang benar!
1.
Apa tema dari puisi di atas?
a. Ruangan
b. Kamar
c. Berantakan
d. Rapi
2.
Apa judul puisi di atas?
a. Kamarku
b. Berantakan
c. Ruangan
d. Tempat
aku tidur
3.
Bagaimana keadaan kamar yang digambarkan
dalam puisi di atas?
a. Berantakan
b. Rapi
c. Besar
d. Berserakan
4.
Benda apa saja yang terdapat pada kamar
yang di tulis dalam puisi diatas?
a. Boneka
b. Bantal,
buku
c. Bantal,
buku, boneka
d. Bantal
5.
Keinginan apa yang diungkapkan penulis
dalam puisi di atas?
a. Merapikan
bantal
b. Merapikan
buku-buku
c. Merapikan
bonekanya
d. Merapikan
kamarnya
Kunci
Jawaban Soal Evaluasi
1. B.
Kamar
2. A.
Kamarku
3. A.
Berantakan
4. C.
Bantal, Buku dan Boneka
5. D.
Merapikan Kamar
Skor
Penilaian
Jawaban benar 2
Jawaban salah skor 0
Nilai Akhir : jumlah skor x 10
Pilangrejo, 2013
Mengetahui,
Mahasiswa
Lintang
Ndaru P.
NIM.
822460938
|
Soal
Perbaikan
Isilah
titik-titik dibawah ini dengan benar!
KUPU-KUPU
oleh : Rakhman Syeh Mukhlisin
Alangkah elok warnamu
Terbang diantara burung-burung mencari madu
Kadang kulihat engkau berayun
Di tangkai dan daun-daun
Atau berkejaran bersama kawanmu
Kupu-kupuku
Alangkah indah semua melihatmu
Dapatkah ku memiliki sayap indah
Seperti sayapmu
Kau terbang begitu indah
Warna kupu-kupu yang indah
oleh : Rakhman Syeh Mukhlisin
Alangkah elok warnamu
Terbang diantara burung-burung mencari madu
Kadang kulihat engkau berayun
Di tangkai dan daun-daun
Atau berkejaran bersama kawanmu
Kupu-kupuku
Alangkah indah semua melihatmu
Dapatkah ku memiliki sayap indah
Seperti sayapmu
Kau terbang begitu indah
Warna kupu-kupu yang indah
1. Apakah
judul puisi yang ditulis Rakhman Syeh Mukhlisin?
Jawab : __________________________________________________
2. Apa
yang dikagumi oleh penulis dari kupu-kupu?
Jawab :
__________________________________________________
3. Apa
yang dilakukan kupu dalam puisi di atas?
Jawab :
__________________________________________________
4. Perasaan
apa yang dinampakkan oleh penulis dalam puisi”Kupu-kupu”?
Jawab :
__________________________________________________
5. “Kadang
kulihat engkau berayun”.
Kata engkau ditujukan kepada siapa?
Jawab :
__________________________________________________
6.
Kunci
Jawaban Soal Perbaikan
1.
Kupu-Kupu
2.
Warna sayap kupu-kupu
3.
Terbang mencari madu
4.
Kagum
5.
Kupu-kupu
Skor
Penilaian
Jawaban benar 2
Jawaban salah skor 0
Nilai Akhir : jumlah skor x 10
Pilangrejo, Maret 2013
Mengetahui,
Mahasiswa
Lintang
Ndaru P.
NIM.
822460938
|
Soal
Pengayaan
Petani
Tiap hari tiada henti
Kau menanam padi
Kerja keras tanpa lelah
Berjemur seharian ditengah sawah
Kau cucurkan keringatmu
Hanya demi padi
Makanan pokok sejuta umat
Tak tampak wajah kecewa
Saat musim panen gagal
Kau tetap tegar dan terus bekerja
Merawat padi itu
Agar tetap hijau
Guyuran hujan pun bukan penghalang
Kau tetap berjuang
Terima kasih petaniku
Atas jasa kau
Aku masih makan nasi
Tiap hari tiada henti
Kau menanam padi
Kerja keras tanpa lelah
Berjemur seharian ditengah sawah
Kau cucurkan keringatmu
Hanya demi padi
Makanan pokok sejuta umat
Tak tampak wajah kecewa
Saat musim panen gagal
Kau tetap tegar dan terus bekerja
Merawat padi itu
Agar tetap hijau
Guyuran hujan pun bukan penghalang
Kau tetap berjuang
Terima kasih petaniku
Atas jasa kau
Aku masih makan nasi
Jawablah pertanyaan berikut dengan
benar!
1.
Apa tema puisi
di atas?
Jawab :
__________________________________________________
2.
Apa saja yang
dilakukan petani terhadap padi dalam puisi diatas?
Jawab : __________________________________________________
3.
Tuliskan kalimat
dari puisi diatas yang menggambarkan sikap berusaha petani!
Jawab :
__________________________________________________
4.
Kapan petani harus
tetap tegar dan tetap bekerja keras?
Jawab : __________________________________________________
5.
Perasaan apa
yang disampaikan penulis kepada petani dalam puisis di atas?
Jawab :
__________________________________________________
Kunci
Jawaban Soal Pengayaan
1. Pekerjaan
2. Menanam
dan merawat padi
3.
Kerja keras tanpa lelah
Berjemur seharian ditengah sawah
Kau tetap tegar dan terus bekerja
Berjemur seharian ditengah sawah
Kau tetap tegar dan terus bekerja
4. Saat
musim panen tetapi gagal
5. Perasaan
terima kasih atas jasa petani
Skor
Penilaian
Jawaban benar 2
Jawaban salah skor 0
Nilai Akhir : jumlah skor x 10
Pilangrejo, 2013
Mengetahui,
Mahasiswa
Lintang
Ndaru P.
NIM.
822460938
|